Senin, 06 Maret 2017

Cara Mengurutkan Data di Microsoft Excel

Cara Mengurutkan Data di Microsoft Excel

Cara Mengurutkan Data di Microsoft ExcelKetika anda memasukan data-data pada Microsoft Office Excel seringkali masih berupa data yang tidak berurutan atau data mentah. Apabila anda akan mengurutkan satu persatu data yang akan anda buat, pasti akan memakan banyak waktu dan membuat anda bekerja dua kali , dalam penyusunan data dan input data di microsoft excel.
Pada kesempatan kali ini kami akan bisikan cara mengurutkan data dalam microsoft excel secara otomatis sehingga akan mempermudah pekerjaan anda. Umumnya, anda menginginkan untuk menyusun data dari yang terkecil hingga terbesar ataupun alphabet A ke Z.

Berikut adalah beberapa tahapan yang dapat anda lakukan untuk mengurutkan data di microsoft excel:

  1. Langkah pertama anda dapat menyusun data yang akan anda urutkan , misalnya data nilai yang akan diurutkan berdasarkan nama
  2. Kemudian anda dapat memblok semua data atau kolom di excel.
  3. Setelah itu anda dapat memilih dengan cara klik menu Sort, maka akan muncul dialog box. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh pengurutan data dalam tabel excel dari "Nama". Anda dapat memilih short by kemudian pilih  data yang di blok tadi selanjutnya anda dapat memilih nama.
  4. Pada kolom sebelahnya anda dapat membiarkan berisikan "value"
  5. Sedangkan pada kolom order anda dapat mengisikan A to Z.
  6. Kini data data telah berurutan sesuai dengan alphabet dengan patokan dari data kolom nama.  
  7. Apabila anda akan menambahkan tingkat pengurutan data sesuai dengan nama atau pilihan lainnya maka anda dapat memilih "add level".
  8. Delete level berfungsi untuk menghapus pengurutan data , sedangkan copy untuk menggandakan opsi add level.
  9. Fungsi dari options berguna untuk mengurutkan dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan sedangkan untuk my data has headers apabila sudah dicentang maka pilihan sort by dengan nama judul kolom dan jika dicentang maka pilihan sort by akan tampil (A,B<C, dst)
  10. Sort by berfungsi untuk mengurutkan berdasarkan judul kolom yang akan anda pilih
  11. Values berfungsi sebagai nilai dalam artian untuk menerapkan sebuah patokan dari pilihan warna sel, huruf dan ikon di dalam cell.
  12. Terakhir adalah order, dimana urutan yang anda inginkan sesuai denga perintah maka akan turun atau naik seaui dengan alphabet.
Itulah tadi langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk mengurutkan data di microsoft excel sehingga membantu anda dalam pengoperasian dan input data di Microsoft excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar